wpj50GopGGLrLUfyg60pSSNKsHLIbilnz5NT2I26
Bookmark

Cara Memperbaiki Kartu Sd Yang Rusak - Cara Memperbaiki Kartu Sd Yang Rusak Tanpa Memformat

cara memperbaiki kartu sd yang rusak - Kartu SD ialah kontribusi tambahan penyimpanan untuk beragam tipe perlengkapan digital seperti camera digital, mekanisme computer, dan handphone. Alat ini bermanfaat untuk simpan kemampuan untuk mengalihkan data juga. Semua perlengkapan digital mempunyai beberapa keuntungan dan ketakutan untuk kehilangan data yang diletakkan pada kartu SD karena beragam alasan. 


Kartu SD rawan, dan banyak factor external dan intern dapat menghancurkannya apapun itu alasannya. Rasa kecewanya jadi 2x lipas bila data yang ada di kartu SD sebagai saat yang susah dilupakan. Pada tutorial ini, kami akan memperlihatkan 13 langkah cara membenahi kartu SD yang rusak.

Kadang kartu SD jalan dengan tidak normal, yang mana hal itu memberikan indikasi ada yang mengusik kartu SD. Berbagai pertanda menyaratkan kerusakan kartu SD dengan bertahap. Temukan pertanda itu bisa kurangi risiko dari lenyapnya data. 

Sekurang-kurangnya Anda bisa mengalihkan data penting saat sebelum data itu lenyap dari kartu SD yang rusak. Pertanda ketidaksamaan itu sebetulnya memberikan keuntungan Anda, mengingati Anda untuk keluarkan data dan menyimpan ke piranti lain. Silahkan kita saksikan tanda-tanda yang paling umum.


Cara Memperbaiki Kartu Sd Yang Rusak - Cara Memperbaiki Kartu Sd Yang Rusak Tanpa Memformat

Memori handphone kamu memiliki masalah? Tidak boleh cepat-cepat mengganti atau dibuang sebab ada langkah membenahi kartu SD yang rusak yang dapat kamu coba. Kartu SD sebagai piranti external yang dapat dipakai untuk menambahkan daya taruh piranti electronic seperti netbook atau handphone. Meskipun banyak memiliki faedah, namun pemakaian yang kurang pas dapat membuat kartu SD jadi cepat rusak. 

Kerusakan pada kartu SD bukan hanya membuat berpengaruh pada perannya saja. Namun piranti yang dipasang kartu SD rusak kadang alami masalah hingga jadi tidak maksimal. Oleh karena tersebut, bila kartu SD rusak selekasnya benahi supaya tidak makin parah. Cari info langkah membenahi kartu SD rusak bersama Qoala, yok!

Ada beberapa langkah membenahi kartu SD yang rusak, beberapa salah satunya seperti berikut:


1. Langkah Membenahi Kartu SD yang Rusak dengan Merestart Handphone

Salah satunya argumen mengapa kadang kartu SD tidak bisa dibaca ialah sebab ada permasalahan dalam mekanisme handphone. Keadaan ini bisa jadi terjadi saat pemakai men-charge HP sepanjang malam pada keadaan mati dan saat dihidupkan kartu SD jadi tidak terbaca. Bila alami hal ini, tidak boleh cemas lebih dulu sebab ada langkah membenahi kartu SD yang rusak secara mudah yakni re-start gadget.

Coba matikan HP kamu selanjutnya terlepas kartu SD sepanjang beberapa saat. cara memperbaiki kartu sd yang rusak Kemudian coba pasang dan hidupkan HP kembali. Bila kartu SD tidak ada kerusakan atau permasalahan karena itu kartu memory akan bisa dibaca kembali. Selain sering lepas pasang, kerusakan kartu SD semacam ini bisa juga muncul karena kamu terhubung web yang tidak aman hingga diserang oleh virus atau malware . Sehingga bila kartu memory eror, kamu dapat memakai langkah membenahi kartu SD yang rusak tanpa perlu memformat ini.


2. Coba Kartu SD di HP atau Handphone Lain

Langkah membenahi kartu SD yang rusak selanjutnya dengan melepaskan kartu memory lalu memasangkannya di piranti lain bila langkah pertama di atas tidak berhasil. Langkah ini sekalian dapat dipakai untuk mengetahui apa kerusakan berada pada kartu SD atau slots memory yang berada di handphone. Maka janganlah cepat-cepat mempersalahkan kartu SD bila memory handphone kamu tidak terbaca.

Bila kartu SD bisa dibaca dan berperan secara baik di piranti lain, itu maknanya kerusakan ada di slots memory handphone kamu. Tehnik ini sering dipakai sebagai langkah membenahi file yang rusak di kartu SD tanpa memformatnya.


3. Check Error dengan Hubungkan ke PC atau Netbook

Bila dengan mengalihkan kartu memory ke handphone masih tidak berhasil untuk membaca data yang berada di dalamnya, kamu dapat memeriksa apa kartu SD error atau mungkin tidak dengan menghubungkan ke PC atau netbook. Beberapa langkah atau langkah membenahi kartu SD yang rusak ini ialah seperti berikut :

Pasang kartu SD ke piranti handphone selanjutnya sambungkan ke PC atau netbook memakai kabel data

  • Ganti model dari Media transfer model (MTP) jadi model Mass penyimpanan model (MSC) bila handphone telah tersambung ke piranti PC atau netbook
  • Membuka menu Explorer (Windows + E) di piranti netbook atau PC selanjutnya click kanan pada drive kartu SD. Seterusnya tentukan menu Properties > Tools > Error Checking lalu tunggu hingga proses usai untuk check langkah membenahi kartu SD yang rusak ini.
  • Eject handphone dari piranti netbook atau PC sesudah proses usai selanjutnya check apa kartu SD telah kembali belum atau normal.

Langkah ini cukup efisien dipakai untuk membaca kartu memory bila langkah membenahi kartu SD yang rusak melalui HP tidak berhasil. cara memperbaiki kartu sd yang rusak Sebaiknya sesudah kartu SD sukses dibaca lagi kembali, selekasnya kerjakan backup data untuk menghindar dari risiko kartu memory rusak kembali.


4. Disable Kartu SD

Saat sebelum memilih untuk memformat kartu memory, tidak ada kelirunya kamu coba feature disable kartu SD dari netbook atau computer. cara memperbaiki kartu sd yang rusak tanpa memformat Langkah membenahi kartu SD yang rusak ini dilaksanakan mematikan dan hidupkan lagi peranan kartu SD dari awal. Langkah disable kartu SD ialah seperti berikut :

  • Hubungkan handphone yang sudah dipasang kartu memory ke PC atau netbook
  • Masuk pada menu Piranti Manajer pada computer
  • Click kanan pada piranti USB Mass Penyimpanan Piranti seterusnya click Disable dan nantikan sesaat untuk proses langkah membenahi kartu SD yang rusak ini
  • Click kanan kembali di menu USB Mass Penyimpanan Piranti selanjutnya click Enable

Sesudah dilaksanakan disable kartu SD, seterusnya periksa lagi apa kartu bisa belum atau bisa dibaca. Bila tidak bisa dibaca, bermakna kartu memang rusak atau eror. Apabila sudah ini, jalan atau langkah membenahi kartu SD yang rusak supaya bisa dipakai lagi dengan memformat file ditambah dulu.


5. Langkah Membenahi Kartu SD yang Rusak dengan Bersihkan Tubuh Kartu

Kartu SD yang error atau mungkin tidak dapat dibaca bisa dikarenakan oleh kotor hingga lurusan emas jadi susah terbaca. Keadaan ini umum terjadi bila pemakai kerap lepas pasang kartu SD, sering sentuh sisi lurusan menyimpan asal-asalan atau emas. cara memperbaiki kartu sd yang rusak Langkah membenahi kartu SD yang rusak di HP merek Xiaomi atau yang lain ini bisa dilaksanakan bersihkan tubuh kartu memory SD.

Kamu dapat bersihkan tubuh kartu SD memakai kain kering yang tisu kering atau bersih. Kamu memakai alat lain seperti karet penghapus warna putih untuk mengusung kotoran dan debu. Bila kartu memory kamu eror, janganlah lupa coba langkah membenahi kartu SD yang rusak dengan bersihkan tubuh kartu saat sebelum memformatnya.


6. Memakai MiniTool Partition Wizard

Membenahi kartu SD yang rusak juga bisa memakai program gratis di computer seperti MiniTool Partition Wizard. Langkah ini dilaksanakan lakukan scan partisinya untuk memeriksa apa kartu SD tidak atau eror. Seterusnya MiniTool akan lakukan pembaruan partisi hingga kartu SD dapat dipakai kembali.

Langkah membenahi kartu SD rusak dengan program MiniTool Partition Wizard ialah seperti berikut::

  • Unduh program MiniTool Partition Wizard Free Edition selanjutnya install di piranti PC atau netbook
  • Kenakan kartu SD di handphone selanjutnya sambungkan ke computer dan tentukan driver sama sesuai kartu SD
  • Tentukan sisi menu Cek File Sistem
  • Bila jendela baru sudah diperlihatkan, click dalam menu Cek dan Final Detected errors selanjutnya click Start

Tunggu hingga proses langkah membenahi kartu yang rusak ini usai selanjutnya check apa kartu SD telah kembali normal atau memang belum


7. Pola Lewat HP Android

Bila langkah membenahi kartu memory yang rusak tanpa pola di atas gagal , jalan salah satu bermakna kamu harus memformatnya. Namun perlu kamu ketahui jika langkah ini bisa membuat semua file yang berada di dalam kartu SD lenyap. Tetapi sesudah diformat umumnya kartu SD bisa dipakai lagi dengan peranan normal seperti baru.

Pola kartu SD dapat dilaksanakan lewat HP android dengan:

  • Pasang kartu SD di handphone android
  • Membuka android selanjutnya tentukan menu Seting > Penyimpanan > Portable Penyimpanan
  • Tentukan driver kartu SD seterusnya masuk pilihan Penyimpanan Seting > Pola > Erase dan Pola
  • Tunggu hingga proses pola usai selanjutnya tap Done diakhir langkah membenahi kartu SD yang rusak ini
  • Check apa kartu SD telah normal atau memang belum

Sesudah proses pola sukses, semua data yang ada pada kartu SD akan lenyap. Namun kartu memory bisa dipakai lagi dengan peranan yang serupa seperti saat baru. Dengan membenahi kartu SD yang rusak ini, kamu tidak butuh beli kartu SD baru walaupun harus kehilangan semua file.


8. Langkah Membenahi Kartu SD yang Rusak Lewat PC atau Netbook

Kartu SD yang telah di pola lewat android tidak jamin dapat kembali normal dan bisa dipakai. Bila langkah membenahi memory SD yang rusak di android gagal, kamu dapat coba memformatnya lewat PC atau netbook. cara memperbaiki kartu sd yang rusak Dari hasil pola lewat PC ini umumnya lebih prima dan advanced. Berikut caranya.

Sambungkan kartu SD ke PC atau netbook memakai card reader

Apabila sudah tersambung, check apa masih tetap ada data yang tidak atau sisa. Bila ada kamu dapat lakukan backup lebih dulu saat sebelum memformat untuk tingkatan langkah membenahi kartu SD yang rusak ini

  • Untuk pola, membuka Explorer (Windows + E) selanjutnya tentukan pada driver kartu SD. Seterusnya click kanan lalu tentukan menu pola
  • Nantikan beberapa sampai proses pola dan langkah membenahi memory yang rusak usai
  • Sesudah proses usai, kartu memory akan kosong dan bisa dipakai lagi dengan normal.

Sebaiknya saat sebelum lakukan pola kartu SD, kerjakan backup data ditambah dulu. Ini karena sesudah proses pola sukses, semua data yang berada di dalam kartu SD akan lenyap dan tidak dapat kembali lagi. Bila ada langkah membenahi kartu SD rusak tanpa pola, sebaiknya kamu coba cara itu lebih dulu bila tidak mau kehilangan semua data.


9. Selidik Kembali Pemicu SD Card yang Rusak

Saat sebelum bertindak pembaruan, sebaiknya kamu kenali dahulu pemicu dari kerusakan kartu SD itu. Dengan ketahui pemicu kartu SD rusak, kamu dapat bertindak pembaruan secara tepat hingga kartu memory bisa kembali normal bahkan juga tanpa lakukan pola data. Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan kartu SD jadi rusak atau eror, salah satunya ialah:


  • Kerap dipindahkan-pindah

Kartu SD yang kerap dipindahkan dari 1 piranti ke piranti yang lain mempunyai resiko kerusakan semakin lebih besar hingga mempunyai kesempatan yang rusak lebih besar. Kartu memory yang kerap dipindahkan lebih rawan pada resiko penyakit karena harus beradaptasi tempat dan mekanisme operasi baru. Oleh karenanya, bila tidak karena mengganti piranti, sebaiknya tidak boleh sering mengalihkan kartu SD supaya tidak gampang rusak.


  • Salah langkah mengalihkan

Bila tidak mau kartu SD rusak, kenali dahulu langkah mengalihkan kartu memory yang betul. Mengalihkan kartu SD tidak dapat asal lepas dari piranti saja. Namun saat sebelum memelas kartu SD pastikan piranti sudah dimatikan ditambah dulu. cara memperbaiki kartu sd yang rusak Seterusnya nantikan sepanjang 10 - 20 detik, cara memperbaiki kartu sd yang rusak tanpa memformat selanjutnya baru cabut kartu SD dari slots memori. Bila dilaksanakan tanpa mematikan piranti lebih dulu bisa mengakibatkan prosesnya tidak sempurna. Ini dapat membuat kartu tidak bisa dibaca hingga kamu harus mencari langkah membenahi sd card yang corrupt supaya bisa normal kembali.


  • Terserang Minyak atau Kotoran

Kartu SD yang rusak atau mungkin tidak bisa dibaca bisa juga dikarenakan oleh kotor atau terserang minyak saat kamu memegangnya. Langkah membenahi kartu SD yang tidak bisa dibaca semacam ini cukup hanya membersihkan memakai kain yang kering dan bersih. Sesudah bersih coba pasang lagi kartu SD dan check sudahkah normal tidak atau kembali . Sehingga saat kartu memory tidak bisa dibaca, tidak boleh cepat-cepat untuk mengaitkan kartu SD rusak meminta format.


  • Terserang virus

Terserang virus waktu buka web yang tidak aman bisa membuat kartu SD rusak dan tidak dapat terbaca. Virus yang dapat menghancurkan kartu memory macamnya banyak, bukan hanya yang merusak data tetapi mengambil data pemakai piranti. Ini benar-benar beresiko hingga kamu harus selekasnya mencari langkah membenahi memori card yang tidak bisa dibaca di ponsel dan pc supaya tidak bikin rugi pemilik piranti. Kamu harus juga waspada saat unduh file dari internet, karena saat ini lebih banyak yang memiliki kandungan virus berbahaya.


Bekerja terlampau keras

Piranti yang bekerja terlampau berat mempunyai risiko kerusakan kartu SD yang semakin lebih besar. Ini umum terjadi bila pemakai sudah lakukan tweaking berat seperti mengganti penataan penyimpanan video. Meskipun hasil rekaman video jadi lebih bagus, namun langkah ini membuat kartu SD bekerja lebih keras dari semestinya. Dibanding mengaplikasikan langkah membenahi kartu SD yang rusak, sebaiknya kamu lebih memerhatikan langkah mengawasinya secara tepat supaya lebih tahan lama dan tidak gampang rusak.

Kartu SD memang mempunyai kesempatan kerusakan yang lebih besar bila tidak dirawat baik. Pemicu kartu SD rusak juga bermacam hingga kamu perlu ketahuinya pemicunya saat sebelum lakukan langkah membenahi kartu SD yang rusak dengan tepat. Dengan cara pembaruan yang pas, kartu SD dapat kembali normal bahkan juga tanpa wajib melakukan pola data. Namun bila SD card tidak teridentifikasi benar-benar sebaiknya membawa ke servis center handphone sah untuk ketahui penyebabnya.


10. Membawa ke Servis Center Handphone Sah

Jalan keluar dan langkah membenahi kartu memory yang paling akhir dengan membawa ke servis center handphone resmi. Langkah ini dapat kamu tentukan bila kartu memory tidak bisa bisa dibaca lewat handphone, PC atau netbook. Saat sebelum buang atau beli SD card yang baru tidak ada kelirunya memeriksa lebih dulu di servis center sebab bisa menjadi kerusakan ada di mekanisme android.

Servis center akan lakukan pengujian lengkap untuk temukan pemicu kerusakan apa karena kartu SD yang memiliki masalah atau mekanisme operasi handphone yang tidak cocok. Bila dibutuhkan servis center akan memakai program membenahi kartu memory yang rusak tanpa memformat ditambah dulu. Namun bila kerusakan telah kronis, umumnya akan dianjurkan untuk lakukan pola supaya kartu SD masih tetap dapat dipakai.

Kartu SD benar-benar sangat menolong untuk menambahkan kapasitas tampung supaya piranti bisa simpan data lebih banyak. Namun bila tidak dirawat betul, kartu SD beresiko alami kerusakan hingga membuat semua data yang disimpan akan lenyap. Kerusakan pada kartu SD bisa juga karena oleh beberapa pemicu hingga cara pembaruan harus juga disamakan pemicu dan piranti yang dipakai, tentu saja langkah membenahi kartu SD rusak di HP Oppo berlainan dengan Samsung J2 P merek yang lain atau rime.

Kerusakan pada kartu SD sebetulnya hal yang umumnya hingga kamu tidak butuh terlampau cemas. Kartu SD yang rusak belum tentu data yang terdapat didalamnya akan lenyap. Bila kamu mengaplikasikan langkah membenahi kartu SD yang rusak secara tepat, SD card pasti normal kembali. Oleh karena tersebut bila kartu memory rusak, tidak boleh cepat-cepat buang atau beli yang baru.

cara memperbaiki kartu sd yang rusak Namun cari info lebih dulu langkah menangani kartu SD tidak bisa dibaca supaya bisa diperbarui. Tetapi, untuk memberi perlindungan lebih pada kartu SD dan HP kamu seharusnya kamu pakai asuransi handphone terbaik dari Qoala supaya HP kamu masih tetap terlindung.

Post a Comment

Post a Comment