wpj50GopGGLrLUfyg60pSSNKsHLIbilnz5NT2I26
Bookmark

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total - Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Dan Berdengung

cara memperbaiki kipas angin mati total - Kipas angin sebagai alat Electronic yang penting, untuk yang masih belum memakai AC kipas angin benar-benar diperlukan di dalam rumah tentu saja, karena wilayah indonesia yang mempunyai temperatur yang panas (di wilayah saya begitu :D) menjadi kehadiran kipas angin ini penting, tetapi ada kalanya alat electronic itu alami kerusakan, kerusakan yang dirasakan juga berbagai macam penyebabnya.

Kipas angin yang tersebar di indonesia ada berbagai macam merek, meskipun kipas angin mempunyai merek yang beda tetapi konsep kerja dari kipas angin itu sama saja. untuk kasus kipas angin yang saya rasakan ini kali dengan kipas merek Panasonic yang alami mati total.

Kipas angin ialah alat yang dipakai sebagai pemroduksi angin. Peranan umum kipas angin untuk mendinginkan udara, meyegarkan udara, sirkulasi (exhaust fan), dan pengering (biasanya menggunakan elemen pemroduksi panas).

Kipas angin pada umumnya dibagi jadi kipas angin cara memperbaiki kipas angin mati total tradisionil dan kipas angin tenaga listrik. Kipas angin tradisionil umumnya memakai tenaga tangan untuk mengehembuskan angin, jika orang sunda mah nyebutna hihid...

Sementara kipas angin listrik tentu saja memakai energi listrik sebagai energi pendorong dan hasilkan embusan pada kipas angin. Kipas angin makin bervariatif baik dari peranan, sisi peletakan posisi, dan ukuran.

Banyak alat yang perlu memakai kipas angin. Misalkan sebuah unit individual komputer yang diwajibkan memilki kipas angin didalamnya untuk mendinginkan beberapa bagian penting satu diantaranya Processor dan Power Supply.


Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total - Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Dan Berdengung

Umumnya kipas angin yang terbanyak dipakai ialah type kipas angin dengan dinamo induksi, ukuran lumayan besar dan mempunyai 3 kecepatan (speed).

Bagaimanakah cara membenahi kipas angin yang rusak? Kemungkinan artikel berikut akan menolong kamu dalam ketahui pemicu kerusakan, beberapa langkah yang perlu dilakukkan dalam pembaruan dan langkah menjaga kipas angin.

Kipas angin kelihatannya menjadi satu diantara perlengkapan electronic yang biasa berada di tiap rumah. Untuk mereka yang masih belum mempunyai AC, kipas angin pasti jadi pilihan terbaik yang dapat dipunyai.


Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Saat sebelum lakukan pembaruan, pastikan kipas angin tidak tersambung dengan sumber arus listrik.

  • Hal pertama kali yang saya kerjakan untuk kasus kipas angin mati keseluruhan ini dengan mengecek kabel power adakah yang putus atau mungkin tidak, untuk mengeceknya memakai Multimeter/AVO mtr., tetapi sesudah saya check kabel tidak putus (bila kabel putus ikat kembali atau mengganti sama yang baru).
  • Selanjutnya mengecek panel knop penataan kecepatan pemutaran kipas, untuk mengeceknya pakai Multimeter/AVO mtr. , dengan mengecek jaringan tiap kabel yang tersambung dengan panel umumnya ada 2-3 buah kabel yang ke arah dinamo kipas dan 1 kabel dari sumber arus listrik.
  • Langkah mengeceknya posisikan sakelar AVO mtr. pada x1 atau x10, lekatkan probe pada tiap kabel yang ke arah dinamo dengan gantian. Jika jarum mengarah ke kanan maknanya ada jaringan/tehubung dan ini bermakna kumparan kipas angin masih bagus.
  • Bila jarum tidak bergerak maknanya ada kerusakan/putus pada bagian kumparan, kemungkinan yang rusak/putus di bagian sekering/thermofuse atau pada bagian kawat kumparan.
  • Tetapi sesudah saya check rupanya ada yang tidak tersambung/tersambung.
  • Sesudah mengecek ikatan pada panel, cara memperbaiki kipas angin mati total saya berkemungkinan ada yang putus pada kumparan dinamo, selanjutnya secara langsung saja saya membedah dinamo.
  • Yang pertama saya ukur ialah sekereing/thermofuse umumnya tempatnya ada di bagian dinamo persisnya di lekatkan pada body dinamo.
  • Langkah pengetesan thermofuse dengan memakai Multimeter/AVO mtr. dengan atur posisi sakelar pada x1 atau x10 langsung posisikan ke-2 probe pada setiap kaki thermofuse, sama dalam gambar dibawah.
  • Bila jarum tidak bergerak dapat ditegaskan thermofuse telah rusak/putus, karena itu kita harus menukarnya sama yang baru, pada kipas saya ini tertulis 2A langsung saya mengganti sama yang baru.
  • Tetapi thermofuse yang baru berbeda dengan thermofuse lama karena di toko saya tidak temukan thermofuse 2A menjadi dipakai yang ampere diatasnya sedikit yakni 3A dan memiliki bentuk berlainan, tetapi itu dapat disiasatin.
  • Thermofuse dapat dibeli ke toko elemen electronica pada harga sekitar Rp. 3000 yang 3A (di wilayah saya).
  • Pada thermofuse yang baru jarum mengarah ke kanan mengisyaratkan thermofuse masih tetap berperan secara baik (yaa terang masih baruu :D hehe) seterusnya pasang thermofuse, dengan menggunting kaki thermofuse yang lama selanjutnya solder sama yang baru.
  • Sesudah thermofuse ditukar yang baru atur dan pasang lagi dinamo mengamankan baut-baut dengan ketat. Seterusnya mengecek kapasitor, kapasitor yang kurang kuat, rusak, atau mati bisa mengakibatkan kipas angin berputar-putar lamban.
  • Kapasitor kipas angin ini umumnya berwujud kotak hitam dan berada ada di belakang dinamo. untuk tentukan kapasitor rusak bisa menyaksikan bentuk fisik menggembung, membesar, atau pecah, bila kapasitor telah rusak langsung mengganti sama yang baru.


Ciri-Ciri Kipas Angin Rusak

Bagaimana kita mengetahui jika kipas mulai berikan pertanda kerusakan? Kenyataannya ada banyak ciri-ciri khusus yang dapat kamu ketahui agar dapat selekasnya bertindak pengatasan pada kipas punyamu. Pertama, saksikan arah perputaran dari kipas anginnya. cara memperbaiki kipas angin mati total Kipas angin yang memiliki masalah condong berputar-putar menantang arus yang seharusnya.

Ke-2 , bila umumnya kipas angin punyamu condong tidak bising dan tenang tetapi mendadak munculkan suara yang bising karena itu ini bisa jadi tanda jika kipas anginmu sedang tidak baik saja. Ke-3 , saat kipas angin rusak umumnya diikuti lambatnya baling-baling dalam berputar-putar tidak seperti biasanya.

Ke-4, kipas angin yang rusak diikuti ada tanda kipas angin berpijar tetapi kipas angin tidak mau berputar-putar. Ke-5, pertanda kerusakan pada kipas dapat disaksikan dari kipas angin yang mati keseluruhan dan tidak berikan pertanda kehidupan apapun itu meskipun telah dipancing memakai beberapa jenis cara.


Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Bagaimanakah cara yang dapat dilaksanakan untuk membikin kipas angin yang mati keseluruhan bisa diperbarui? Kamu dapat memakai beberapa triknya berikut ini:


Coba lumasi mesin kipas angin

Kipas angin yang mati keseluruhan dapat dikarenakan oleh mesinnya yang karatan atau mungkin kurang dapat bekerja dengan maksimal. Hingga untuk menanggulanginya kamu dapat coba berikan pelumas pada mesin kipas angin itu. Mesin yang karatan khususnya di bagian roda gigi memang mempunyai peranan yang penting berkenaan perputaran kipas anginnya.


Coba membersihkan kipas angin

Tahukah kamu jika kipas angin yang kotor rupanya bisa juga mengakibatkan keadaannya jadi mati keseluruhan? Hingga saat kipasmu mati keseluruhan coba untuk membersihkan sampai bersih apa lagi bila keadaannya saat itu benar-benar kotor bisa jadi tanda-tanda pemicu kerusakannya.

Baling-baling yang ada di kipas berasa terlampau berat untuk berputar-putar karena dihinggapi kebanyakan kotoran di dalamnya. Hingga pentingnya proses pembersihan untuk membuat berputar-putar lebih optimal nantinya.


Check kabel sisi dalamnya

Kerusakan yang terjadi dapat karena ada konsleting atau kabel yang putus pada bagian dalam kipas anginnya. Hingga penting sekali untuk memeriksa dengan dalam selanjutnya menukar sisi kabel yang kiranya memerlukan pergantian dan rusak. cara memperbaiki kipas angin mati total Ini dapat dikarenakan oleh kedaluwarsa atau karena dikonsumsi oleh serangga.


Check sekring kipas

Sekring ialah elemen yang berikan ikatan untuk matinya kipas dan hidup. Hingga bila keadaannya ada permasalahan karena itu membuat mati keseluruhan atau konsleting. Kamu dapat memeriksa dan membenahi keadaannya sampai bisa sembuh kembali bila memang yang memiliki masalah ialah pada bagian sekringnya.


Check kabel luar

Selainnya pada bagian kabel dalamnya, rupanya kabel aliran luar mempunyai potensi sebagai pemicu kipas angin mati total. Ini dapat karena ada konsleting, kebakar atau terkupas kabelnya hingga tidak dapat bekerja dengan optimal saat dipakai. Kamu dapat cari sumber permasalahannya selanjutnya membenahi seperti semula.

Tetapi kadang bentuk fisik tidak menjadi dasar, sebaiknya kerjakan pengukur pada kapasitor.

Sesudah mengecek semua elemen, kemungkinan cuma thermofuse yang rusak dan thermofuse itu telah ditukar yang baru, selanjutnya secara langsung saja test kipas dengan menyambungkan dengan sumber arus listrik untuk menghidupkan kipas dan betul saja kipas angin segera berperan secara normal.

cara memperbaiki kipas angin mati total Begitu artikel mengenai pengalaman saya membenahi kipas angin yang mati keseluruhan, mudah-mudahan berguna dan bisa menambahkan wacana beberapa pembaca, mudah-mudahan dapat di praktikkan dan sukses namun tetap berhati - hati saat lakukan tiap pembaruan karena arus yang dipakai ialah arus langsung dari sumber PLN. Janganlah lupa meninggalkan komentar bila ada yang ingin di tanya, demikian terimakasih...

Post a Comment

Post a Comment