wpj50GopGGLrLUfyg60pSSNKsHLIbilnz5NT2I26
Bookmark

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar - Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Tidak Mau Berputar

cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar - Jika sudah waktunya, mesin pencuci akan alami kerusakan besar atau kecil. Bila Anda ingin ketahui langkah membenahi mesin pencuci sendiri, artikel berikut akan berisi kemungkinan kerusakan pada mesin pencuci dan bagaimana melakukan perbaikan, dimulai dari langkah membenahi mesin pencuci yang tidak berputar-putar sampai seal mesin pencuci bocor.

Baik mesin pencuci tipe 1 tabung atau 2 tabung, pasti alami permasalahan dan kerusakan pada mesin. Satu diantaranya ialah tabung yang tidak berputar-putar. Banyak hal pemicu mesin pencuci tidak berputar-putar:

Umumnya muatan. Kebanyakan masukkan baju ke mesin pencuci akan membuat tabung jadi macet dan tidak bisa bergerak.

Mesin dinamo rusak. Tabung mesin pencuci dilakukan oleh dinamo. Kabel putus, tali dinamo yang as dan kendur yang kotor mengakibatkan mesin tidak berputar-putar.

Lid switch tidak berfungsi. Sakelar pintu atau lid switch berperan sebagai alat pendeteksi pintu mesin cuci. Bila pintu terbuka, karena itu tabung akan stop berputar-putar. Permasalahan yang terjadi ialah lid switch yang rusak tidak membuat tabung berputar-putar.

Sesudah ketahui apa pemicu mesin pencuci tidak berputar-putar, saat ini waktunya Anda pelajari langkah membenahi mesin pencuci tidak berputar-putar. Ini langkah melakukan perbaikan:

Bila ada beberapa muatan di tabung, turunkan beberapa baju dari dalam tabung untuk membikin mesin berputar-putar.


Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar - Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Tidak Mau Berputar

Kabel listrik dinamo kemungkinan putus karena digigit tikus atau sudah tua. Mengganti kabel listrik dinamo yang baru agar bisa menyalurkan daya listrik.

Tabung akan stop bergerak bila tali karet yang menghubungkan dinamo tabung lembek. Mengganti tali yang lembek tapi tidak boleh mengeratkannya terlampau kencang supaya tidak putus.

As dinamo yang kotor akan membuat dinamo macet. Membersihkan as supaya tidak mampet kotoran dan dapat bekerja dengan maksimal.

Lid switch harus ditukar yang baru untuk mengetahui jika pintu mesin pencuci telah tertutup dengan rapat. Untuk kurangi kerusakan, pencet knop pause atau on/off untuk menghentikan mesin pencuci yang bekerja.


Berikut langkah membenahi mesin pencuci yang tidak bisa berputar-putar :

  1. Pertama bila kerusakan karena kabel putus atau permasalahan pada dinamo, jalan keluarnya dapat ditukar dinamo yang baru.
  2. Persoalan minimnya diagnosis pada lid switch di mana tidak dapat mengetahui pintu mesin pencuci yang telah tertutup rapat atau mungkin tidak, karena itu silakan ditukar elemen itu. Kekeliruan diagnosis akan mengakibatkan mesin pencuci cepat rusak. Bila terjadi kekeliruan diagnosis ini, hal yang perlu dilaksanakan ialah pencet knop Power/Off atau Pause untuk hentikan kekeliruan diagnosis itu.
  3. Mengganti tali karet bila masalahnya pada karet yang lembek di mana ini mengakibatkan tabung mesin pencuci tidak ingin bergerak lagi.
  4. Bila persoalan pada dinamo, dapat dilihat di bagian as dinamo. Apa tidak atau kotor. Bila kotor karena itu langsung bisa dibikin bersih dan coba kembali untuk memakai mesin cuci.
  5. Menukar kapasitor yang rusak. Bagaimanakah cara ketahui bila kapasitor mesin pencuci rusak? Tes gunakan Ohm Mtr., bila jarum bergerak karena itu kapasitor mesin pencuci baik saja, kebalikannya bila jarum diam karena itu kapasitor harus ditukar dan rusak. Kapasitor ini akan melepas daya listrik dari sumber ke tabung sebagai tenaga tambahan. Bila kapasitor memiliki masalah pasti perputaran tabung akan bermasalah.
  6. Benahi timer mesin pencuci, langkahnya: - Cabut kabel power mesin pencuci - Membuka panel dan kebainet mesin pencuci - Terlepas timer dari mesin pencuci - Susunlah Multimeter ke RX-1 lalu conect kan ke ujung pada dinamo, karena itu hasil akan kelihatan pada angka 0 atau dekati angka 0. Jika tidak sesuai angka 0 silakan mengganti timer mesin pencuci itu sama yang baru.
  7. selanjutnya cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar bila pemicunya muatan baju yang terlalu berlebih, karena itu menjadikan 2 saja atau 2x bersihkan dibanding mesin pencuci Anda rusak. Langkah membenahi mesin pencuci yang tidak ingin berputar-putar bergantung dari pemicunya sama seperti yang telah disebut di atas. Tetapi bila kerusakan berat, karena itu dapat melakukan perbaikan ke tukang yang semakin lebih pakar atau beli piranti baru.


Langkah menukar kapasitor mesin pencuci

Kapasitor berperan untuk melepas daya listrik saat mesin pencuci pertama kalinya dihidupkan untuk memberi tenaga perputaran tambahan pada tabung. Saat sebelum ditukar, seharusnya Anda memeriksa apa kapasitor sebagai sumber permasalahan mesin pencuci tidak berputar-putar. Langkah check kapasitor mesin pencuci dengan menyambungkan kabel ohm-meter pada kapasitor. Bila jarum tidak bergerak, bermakna mengisyaratkan kapasitor rusak.

Sesudah ketahui kapasitor rusak dengan cara check kapasitor mesin pencuci, setelah itu proses langkah menukar kapasitor mesin cuci. Membuka cabinet yang ada di sisi belakang mesin pencuci, dan umumnya kapasitor ditahan oleh alat dari logam atau plastik yang tersambung ke mesin dinamo. Mengganti kapasitor lama sama yang baru dan tutup cabinet mesin cuci.


Langkah membenahi timer mesin pencuci

Timer yang rusak akan membuat mesin pencuci tidak berputar-putar atau berputar-putar satu arah. cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar Ikuti proses langkah membenahi timer mesin pencuci di bawah ini.


Cabut kabel listrik mesin cuci.

Membuka panel kendalian dan cabinet mesin pencuci yang ada di sisi belakang mesin. Selanjutnya bebaskan timer dari mesin cuci.

Mengatur multi-meter ke opsi RX-1 dan sambungkan ke sisi ujung yang terhubung ke dinamo. Hasilnya harus memperlihatkan angka nyaris 0 atau 0. Bila hasil tidak sesuai angka 0, karena itu mengganti timer sama yang baru.


Mesin pencuci air keluar terus

Air yang tetap keluar disebabkan dari 2 argumen, yakni katup air yang kotor atau knop kandungan air yang rusak. Bila mesin pencuci air keluar terus saat mesin telah dimatikan, karena itu katup air telah perlu ditukar dan rusak. Tapi bila air stop mengucur saat mesin telah mati, bermakna sakelar kandungan air yang bermasalah. Dengan begitu Anda bisa menukar katup air atau sakelar kandungan air.


Seal mesin pencuci bocor

Pemicu seal mesin pencuci bocor bisa disaksikan dari 2 hal, yakni seal pintu mesin seal tabung atau bersihkan. Bila air keluar saat sedang proses agitasi atau pengisian air, cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar bermakna yang memiliki masalah ialah seal tabung. Tetapi, bila air keluar di wilayah pintu mesin pencuci, yang memiliki masalah ialah seal pintu karena robek atau ada kotoran hingga tidak bisa tertutup rapat. 

Merasakan mesin pencuci yang rusak akan saat itu juga membuat Anda pikirkan ongkos pembaruan yang mahal, apa lagi bila garansinya telah habis. Tetapi ini semua bisa diakali melakukan perbaikan sendiri. Baca artikel seterusnya untuk ketahui panduan langkah irit air dengan mesin cuci.

Gumpalan detergen yang tidak terlarut bisa membuat mesin pencuci rusak. Pakai detergen berkualitas supaya mesin pencuci masih tetap maksimal dan hasilkan cucian yang terbaik.


Berapakah tahun semestinya mesin pencuci biasa bertahan?

Berapakah tahun biasanya mesin pencuci bisa bertahan? Usia mesin pencuci bisa bervariatif bergantung pada merk, kualitas, dan perawatan yang dilaksanakan. Pada umumnya, mesin pencuci yang bagus dan dirawat baik bisa bertahan di antara 8 sampai 12 tahun. Tetapi, cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar ada faktor-faktor yang bisa memengaruhi usia mesin cuci. 


Pertanyaan Mengenai Langkah Membenahi Mesin Bersihkan

Pemakaian yang terlalu berlebih atau operasionalisasi yang tidak betul bisa memendekkan saat gunakan mesin cuci. Disamping itu, keadaan air yang keras atau biasanya terjadi masalah listrik bisa memengaruhi performa dan saat gunakan mesin cuci. Penting untuk mengecek manual pemakai dan meng ikuti panduan perawatan yang dianjurkan oleh produsen untuk mengoptimalkan saat gunakan mesin cuci.

Bagaimana membenahi mesin pencuci yang mati keseluruhan?

Mesin pencuci yang mati keseluruhan mengisyaratkan ada permasalahan pada suplai saluran listrik yang masuk pada motor listrik (dinamo). Seharusnya panggil servis reparasi karena memerlukan alat kelistrikan untuk membenahinya.


Bagaimana menghambat mesin pencuci supaya tidak rusak?

Membersihkan sama sesuai kemampuan tabung, pakai detergen yang gampang terlarut, rajin membersihkan mesin pencuci dan pastikan semua sisi mesin terlindung dari serangga/benda yang bisa menghancurkan.


Kenapa tabung mesin pencuci berbau tidak lezat?

Ada banyak pemicu, yakni ada bakteri di mesin pencuci, kelembapan tabung, dan rutinitas membersihkan baju sama air bersuhu rendah.

Nach, cara memperbaiki mesin cuci tidak berputar demikianlah beberapa panduan yang bisa kami beri hal mesin pencuci yang tidak dapat atau berasa berat waktu berputar-putar. Mudah-mudahan berguna untuk Anda. Tetapi jika kerusakan mesin pencuci ini tidak mampu Anda benahi sendiri, kemungkinan telah saatnya Anda mengontak service servis mesin cuci.


Post a Comment

Post a Comment