wpj50GopGGLrLUfyg60pSSNKsHLIbilnz5NT2I26
Bookmark

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar - Cara Memperbaiki Kipas Angin Sekai Tidak Berputar

cara memperbaiki kipas angin tidak berputar - Di saat cuaca panas, kipas angin ialah penyelamat yang dapat dihandalkan, selainnya air conditioner atau AC. Perputaran kipas angin yang kuat bisa mempersejuk temperatur ruang dan udara panas juga lenyap.

Kipas angin termasuk barang electronic yang terjangkau. Harganya yang murah, tidak boros listrik, dan rerata ramah lingkungan.

Satu perihal yang kerap membuat bersedih ialah saat kipas angin rusak. Bila ini terjadi, bawa kipas angin ke tukang service jadi solusinya. Tetapi, tahukah kamu jika ada langkah membenahi kipas angin tidak berputar-putar secara mudah dan berdikari?

Kamu tidak butuh repot keluarkan uang untuk sewa jasa tukang service. Dengan mengotak-atik sendiri, kipas angin bisa berputar-putar kembali. Bagaimana triknya?

Kipas angin di dalam rumah tidak berputar-putar? Kamu tidak butuh panggil tukang untuk bisa reparasi perlengkapan yang satu ini. Selainnya irit waktu, membenahi kipas angin yang rusak sendiri bisa mengirit pengeluaran. 


Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar - Cara Memperbaiki Kipas Angin Sekai Tidak Berputar

Kipas angin menjadi satu diantara opsi yang dipakai bila beli AC masih tetap termasuk cukuplah mahal. Disamping itu kipas angin sendiri mempunyai harga yang dapat dijangkau serta lebih mengirit ongkos listrik disbanding menggunakan AC tiap hari.

Disamping itu bagaimana jadi jika kipas angin yang kita pakai stop berputar-putar? Ini pasti membuat kita kepanasan saat siang hari.


Langkah Membenahi Kipas Angin Tidak Berputar-putar

Tetapi kamu tidak boleh cemas dan memutuskan untuk buang kipas angin yang tidak ingin berputar-putar. Kamu malah perlu cari tahu pemicu kipas angin tidak berputar-putar. Karena itu berikut ini beberapa pemicu kipas angina tidak berputar-putar dan langkah menanganinya:


1. Mencari Tahu Pemicu Kipas Angin Memiliki masalah

Kipas angin tidak berputar-putar mempunyai beragam jenis penyebab. Dimulai dari motor pemutar yang rusak, kotor atau memang tidak bisa berperan lagi. Oleh karenanya, kamu harus ketahui pemicu utamanya.


2. Terlepas Rangka Kipas Angin

Hal ke-2 yang perlu kamu kerjakan ialah mematikan alat electronic melepaskan kerangkanya dan ini.

Kipas angin sendiri biasanya terbagi dalam beberapa rangka yaitu perlindungan kipas dan penutup sisi mesin atau dinamo di bagian belakang. cara memperbaiki kipas angin tidak berputar

Kamu perlu melepaskan ke-2 sisi itu supaya bisa membenahi kipas angin.


3. Check Penutup Dinamo

Sesudah melepaskan perlindungan kipas dan dinamo, kamu perlu memeriksa sisi dinamo karena di bagian ini, mesin dan pemutar kipas angin bekerja.

Kerjakan pengujian ini secara berhati-hati karena ada banyak sisi seperti stator dan as motor yang gampang rusak.


4. Mencari Bearing atau Bushing Kipas Angin

Biasanya, kerusakan kipas angin karena tidak berputar-putar dikarenakan oleh bearing atau bushing-nya tidak bekerja secara maksimal.

  • Ke-2 elemen ini ada di bagian motor dinamo kipas.
  • Check motor dinamo, apa terjadi aus pada bushing atau bearing.
  • Triknya dengan menyaksikan memakai mata atau mungkin dengan masukkan as motor ke bearing/bushing lalu goyang-goyang ke ke kiri dan kanan.
  • Bila kendur bermakna bearing atau bushing telah aus.
  • Bebaskan bearing atau bushing lalu mengganti sama yang baru.
  • Selanjutnya pasang lagi bearing atau bushing yang baru ke motor dinamo.


5. Bersihkan dari Debu dan Kotoran

Sesudah membenahi sisi motor dinamo, bearing dan bushing, seharusnya kamu bersihkan semua sisi motor dinamo dari kotoran dan debu.

Kotoran dan debu yang melekat pada mesin kipas angin mempunyai potensi menghancurkan peranan kipas angin dalam periode pendek atau panjang. cara memperbaiki kipas angin tidak berputar

Jadi pastikan keadaan kipas angin pada kondisi rapi dan bersih.


6. Pasang Kembali Kipas Angin

Sesudah sisi mesin telah dibikin bersih, kamu wajib memasangkan perlindungan kipas dan mesin di bagian belakang supaya kipas angin kelihatan baru seperti sedia kala.

Gampang kan lakukan langkah membenahi kipas angin tidak berputar-putar ini?

Walaupun telah berperan kembali normal, ada panduan menjaga kipas angin yang juga sangat penting kamu kenali.


7. Tes Coba Kipas Angin

Cara paling akhir yang kamu harus kerjakan ialah lakukan eksperimen dan pastikan kipas angin jalan dengan lancar.

Nantikan sepanjang beberapa saat sampai kipas angin jalan secara baik.

Panduan Menjaga Kipas Angin supaya Masih tetap Tahan lama

Ada 5 panduan menjaga kipas angin supaya masih tetap tahan lama dan jarang-jarang rusak yang penting kenali.

  1. Rajin bersihkan kipas angin.
  2. Jauhi penggunaan kipas angin dengan kasar.
  3. Janganlah sampai terserang air, karena air dapat menghancurkan sisi mesin khususnya di bagian dinamo kipas angin.
  4. Pastikan kabel pada keadaan baik.
  5. Jauhi penggunaan dengan terus menerus. Berikan interval sepanjang beberapa saat sesudah penggunaan yang lama, supaya mesin kipas tidak panas.

Disamping itu, pakai kipas angin tanpa berlebihan. Beri interval penggunaan supaya kipas angin beristirahat.

Biasanya kipas angin berdesing karena bearing telah aus. Nach, keadaan itu sebagai dampak dari mesin kipas angin yang terlalu panas karena kerap dipakai. Baiknya, matikan kipas angin sepanjang 10 menit, lalu hidupkan lagi.

cara memperbaiki kipas angin tidak berputar Tersebut langkah membenahi kipas angin tidak berputar-putar. Kuncinya, kamu harus jaga dan bersihkan kipas angin secara rutin. Tidak boleh dipakai terus tanpa perawatan. Mudah-mudahan berguna, ya!

Post a Comment

Post a Comment