wpj50GopGGLrLUfyg60pSSNKsHLIbilnz5NT2I26
Bookmark

Cara Memperbaiki Lampu Led Mati - Cara Memperbaiki Lampu Led Mati Total Tanpa Solder

cara memperbaiki lampu led mati - Lampu LED yang telah kelihatan rusak, rupanya masihlah dapat diperbarui, lo! Agar semakin selengkapnya, dalami langkah setiap langkah langkah membenahi lampu LED memiliki masalah di dalam rumah berikut, yok!

Lampu LED sebetulnya lebih tahan lama dibanding tipe lampu lainnya. Bila memakai lampu LED sepanjang empat jam setiap hari, lampu itu dapat bertahan sampai 20 tahun.

Tetapi beberapa factor, seumpama ruangan yang terlampau sempit, daya listrik terlampau besar, atau sering mematikan dan menghidupkan lampu, dapat membuat lampu LED rusak.

Jika sudah diketemukan sisi LED yang mana mati, cara setelah itu melepas LED itu. Umumnya langkah termudah ialah melepas LED dengan menggunakan solder listrik. Namun, inisiator itu berikan langkah untuk orang tidak mempunyai alat seperti solder.

Jalannya cukup sederhana, kamu perlu melepas lurusan lampu atau susunan. Trick simpel itu dapat dilaksanakan memakai alat cutter, dan melepas sisi sudah dilem.

Nach, jika kerusakan semacam itu terjadi, kamu tidak butuh segera beli lampu yang baru. Masalahnya masih tetap ada beberapa langkah benahi lampu LED.


Cara Memperbaiki Lampu Led Mati - Cara Memperbaiki Lampu Led Mati Total Tanpa Solder

langkah awal ialah cari di mana titik LED mati. Umumnya LED mati diikuti titik warna hitam. Inisiator itu menambah, jarang jika lampu LED rusak karena adaptornya atau mesin. Umumnya LED pada jadi pemicu khusus dari matinya bohlam lampu LED.

jika lampu LED umumnya memakai buat seri. Maknanya, jika salah satunya kabel atau lampu mati, karena itu keseluruhnya lampu mati. Ini umumnya terjadi dalam lampu LED. Jika ada LED satu yang mati, karena itu lampu akan padam karena tidak ada jembatan untuk arus listik ke LED.

Sesudah sisi pelat lampu sudah lepas, silahkan untuk membakar sisi bawah lurusan. Tetapi pastikan lurusan lampu ditempatkan atau terpasang memakai pencapit tahan panas. Sambil sisi bawah dipanaskan memakai korek api, sisi LED yang mati silahkan untuk dikelupas atau dicabut dengan perlahan.

Berikut langkah membenahi lampu LED mati keseluruhan:

Membuka casing lampu dengan diputar. Jika susah dibuka, pakai hair dryer untuk longgarkan lem pada casing lampu

Test LED chip satu demi satu memakai avometer. Jika ada yang tidak berperan, tandai sisi itu

Bila tidak mempunyai avometer, dapat dengan memeriksa adakah bintik gosong hitam pada LED chip. Jika ada yang gosong, kemungkinan sisi itu tidak berperan

  • Bebaskan sisi elemen pada luar LED, selanjutnya tempatkan di komponen solder
  • Terlepas LED chip yang rusak memakai pinset
  • Gabungkan segi positif dan negatif memakai solder sebagai lajur penyambung LED chip lainnya
  • Test lampu sudahkah berpijar atau memang belum

Langkah Membenahi Lampu LED yang Redup

Lampu LED yang berpijar redup dapat disebabkan karena beragam factor, dimulai dari tegangan yang tidak konstan atau turun sampai di diode bridge atau resistor yang rusak. cara memperbaiki lampu led mati

Jika kerusakannya ada di diode bridge, seharusnya membeli lampu baru karena susah untuk diperbarui. Tetapi bila kerusakannya ada di resistor, lampu LED yang rusak bisa diperbarui.

Berikut langkah membenahi lampu LED yang redup:

  • Membuka casing lampu LED
  • Ukur tegangan resistornya
  • Jika ada titik resistor yang tegangannya turun dapat dikasih flux
  • Silder titik kapasitor
  • Bebaskan kapasitornya dan mengganti dengan resistor baru
  • Pasang lagi casing lampu LED
  • Langkah Membenahi Lampu LED Berdasar Pemicunya


1. Elko Lampu LED Meletus

Salah satunya pemicu lampu LED mati ialah kapasitor elko meletus atau elektrolit. cara memperbaiki lampu led mati Berikut langkah service lampu LED saat elko meletus:

  • Bukalah elemen luar lampu LED.
  • Tes kerusakan elko memakai avometer multitester
  • Sambungkan kutub positif dan negatif avometer ke kutub positif dan negatif elko
  • Bila avometer tidak memperlihatkan reaksi atau angka energinya, bermakna elko harus ditukar
  • Sesudah beli elko baru, gunakanlah sama sesuai posisi kutubnya


2. Jeglek Saat Lampu Dihidupkan

Tidak boleh cemas waktu hidupkan lampu LED, listrik di dalam rumah jeglek! Langkah benahi lampu LED yang akibatkan jeglek dengan menukar dioda bridge. Dioda bridge ialah elemen untuk arahkan arus bolak-balik jadi arus searah.


4. Satu LED Mati

Satu saja LED yang mati menjadi pemicu lampu LED mati total.

Untuk service lampu LED dengan kerusakan semacam ini, lakukan hal ini:

  • Cungkil LED yang mati itu memakai obeng
  • Gabungkan ke-2 kaki LED yang mati memakai kabel
  • Lampu LED juga dapat hidup normal


5. Langkah Membenahi Lampu LED Genting

Lampu LED genting umumnya dipakai sebagai penerang saat listrik padam. Macamnya bermacam, ada portabel dan ada juga yang melekat di tembok. Disamping itu, ada juga tipe lampu genting yang bersatu dengan lampu LED biasa. Saat listrik hidup, lampu khusus menyala.

Tetapi, saat ada pemadaman listrik, cara memperbaiki lampu led mati lampu itu simpan daya untuk selalu hidup sebagai lampu darurat. Lampu tipe ini umumnya kurang tahan lama dibanding lampu genting lainnya. Pemicu lampu LED mati umumnya berada pada resistor ke arah battery kebakar.

Kebakaran itu terpacu oleh pengisian daya yang bersamaan dengan saat lampu khusus menyala. Ini karena isi daya lampu itu ada batasan waktunya.

Bila kelamaan, dapat menghancurkan elemen dalam lampu dan kamu harus melakukan perbaikan dengan:

  • Memeriksa resistor memakai multitester
  • Angka pada multitester tidak bisa lebih dari 100 ohm, karena resistor berperan sebagai pemisah arus.
  • Selanjutnya, periksalah diode bridge
  • Bila salah satunya dioda putus, karena itu proses pengisian daya tidak jalan
  • Bila dioda bridge rusak, kamu dapat menukarnya sama yang baru


6. Battery Rusak

Kerusakan yang terjadi kadang tidak mengakibatkan lampu LED mati total. Pada beberapa kasus, kita pasti juga kerap temukan lampu LED yang mendadak jadi redup.

Nach, jika alami permasalahan ini, kamu harus check accu kering. Accu kering memiliki kekuatan tegangan 6-12 volt DC umumnya jadi battery untuk lampu LED.

Ini langkah membenahi lampu LED karena battery rusak:

  • Ukur tegangan battery sesudah proses pengisian daya.
  • Bila tegangan tidak konstan saat lampu LED hidup, maknanya daya battery telah habis.
  • Kamu perlu menukar battery sama yang baru.

cara memperbaiki lampu led mati Tersebut langkah-langkah dapat dilaksanakan untuk membikin lampu LED berpijar kembali, dan cuma dengan bekal korek api. Video panduan yang sudah diupload Business Inspiration pada 31 Januari 2023 itu, telah dilihat sekitar 1,lima juta views. Bahkan juga banyak netizen di inspirasi dan berikan komentar postif pada video itu.

Post a Comment

Post a Comment