wpj50GopGGLrLUfyg60pSSNKsHLIbilnz5NT2I26
Bookmark

Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Tidak Mau Menyala - Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Tersumbat

cara memperbaiki kompor gas yang tidak mau menyala - Tiap hari Anda mengolah makanan memakai kompor gas. Tetapi apa yang terjadi jika mendadak saja kompor itu tidak ingin berpijar? Walau sebenarnya Anda percaya tabung gas yang dipasang masih memiliki lumayan banyak gas di dalamnya.

Tapi entahlah kenapa saat Anda coba menghidupkan kompor itu dengan putar knop pemantiknya, kompor benar-benar tidak ingin menyala. Recikan api tidak juga keluar kompor itu. Anda juga tidak mengerti dengan permasalahan ini.

Pemakaian kompor gas untuk kepentingan mengolah banyak diputuskan warga umum atau aktor usaha. Peralatan dapur ini biasa dipakai dalam periode waktu yang lama ingat perawatannya cukup mudah. Walau begitu, pemakaian kompor gas tidak berarti bebas dari masalah.

Permasalahan yang kerap dirasakan oleh pemakai kompor gas di dalam rumah ialah kompor tidak bisa aktifkan pembakaran atau berpijar. Keadaan ini dapat disebabkan karena faktor-faktor, dimulai dari kekurangan gas sampai permasalahan regulator atau ikatan. Berita baiknya, masalah-kendala itu bisa ditangani beberapa cara tertentu.

Memang dianggap jika permasalahan yang menerpa kompor gas ini benar-benar mengusik kehidupan kita. Apa lagi seandainya permasalahan itu baru diakui ketika kita akan memakai kompor untuk membikin minuman atau makanan saat kondisi yang cukup genting. Karena itu akan semakin bertambah kembali kekecewaan kita pada permasalahan itu. Jika ingin, sebetulnya sich Anda dapat kok membenahi kompor gas yang tidak bisa berpijar ini dengan tenaga sendiri. Karena prosesnya tidak begitu sulit sich.

Umumnya permasalahan tidak menyalanya kompor gas memang disebabkan karena saluran gas yang mampet. Semestinya gas bisa mengucur dari dalam tabung ke arah tungku api dengan lancar. Tetapi jika saluran gasnya mampet, karena itu dengan cara otomatis tidak ada bahan bakar yang terterima oleh sisi tungku hingga apinya juga tidak dapat berpijar lagi. Umumnya titik penyumbatan terjadi pada regulator gasnya. Mekanisme dalam regulator itu menutup saluran gas.


Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Tidak Mau Menyala -  Cara Memperbaiki Kompor Gas Yang Tersumbat

Pada intinya regulator berperan untuk keluarkan gas dari dalam tabung lalu meneruskannya ke selang. Regulator selalu diperlengkapi pengaman yang disebutkan ventilator. Ventilator bekerja dengan pastikan penekanan gas dan penekanan udara telah ada pada keadaan yang imbang hingga aman. Jika perbedaan di antara penekanan gas dan penekanan udara ini tidak imbang, karena itu ventilator akan memandang keadaannya sebagai tidak aman hingga bisa tutup saluran gasnya.

Tetapi terkadang ventilator ini salah memandang keadaan penekanan penekanan udara dan gas. Ventilator ini justru tutup saluran gas pada keadaan yang salah. Hingga dengan cara otomatis, kompor gas juga tidak ingin berpijar karena sumber bahan bakarnya berbentuk gas tidak ada. Maka janganlah secara langsung menukar regulator yang error itu. Mungkin permasalahan ini cuma terjadi beberapa waktu saja. Anda bisa coba membenahi regulator yang memiliki masalah itu dengan jalan keluar berikut ini!


1. Check Tabung Gas Elpiji

Saat sebelum ambil ringkasan jika kompor tidak berpijar sebab ada elemen yang rusak, seharusnya check tabung gas elpiji yang dipakai.

Dapat menjadi permasalahannya bukan ada pada elemen kompor itu, tetapi isi tabung gas elpiji yang telah habis. Jika gas pada tabung elpiji yang dipasang telah habis, karena itu automatis kompor itu tidak berpijar karena tidak ada sumber bahan bakarnya.

Langkah ketahui jika gasnya telah habis dapat dengan coba putar tombol kompor. Bila tombol diputar dan tidak ada suara desis dibarengi berbau gas, dapat ditegaskan tabung elpiji itu telah habis.

Tetapi jika saat tombol diputar kedengar suara desis dibarengi berbau gas tetapi api tidak berpijar, kemungkinan ada permasalahan pada elemen kompornya.


2. Menukar Karet Regulator

Jika cara memperbaiki kompor gas yang tidak mau menyala permasalahannya bukan lantaran tabung gas yang kosong, salah satunya factor lain pemicu kompor itu tidak berpijar dapat menjadi karena saluran gas dari tabung elpiji mampet.

Jika gas di aliran atau selang gas mampet, gas dari tabung pasti tidak dapat diteruskan ke kompor. Saluran mampet ini dapat dikarenakan oleh ada sisi regulator gas atau selang kompor yang bahkan juga rusak atau memiliki masalah.

Langkah membenahi kompor gas Rinnai yang tidak berpijar karena permasalahan ini dapat ditangani menukar karet yang pas dan rapat pada regulator agar dapat berperan secara baik.

Karet yang tidak pas dan tidak rapat mempunyai potensi mengakibatkan bocor gas, akhirnya gas tidak dapat masuk ke dalam selang dan terhalang salurannya saat ke arah kompor.

Keadaan kebocoran ini benar-benar gampang dijumpai, karena berbau gas akan tercium menyengat. Tetapi, bila selang kompor tidak memiliki masalah tetapi masih tetap terhalang, coba ketuk-ketuk selang itu supaya saluran didalamnya menjadi lancar.


3. Membersihkan Sisi Spuyer

Kompor gas dapat tidak berpijar karena sisi tombol kompor gas yang bermasalah. Keadaan ini dapat dijumpai saat api yang awalannya berpijar mendadak mati seketika.

Ini dapat dikarenakan oleh ada permasalahan di bagian spuyer Umumnya, sisi spuyer kotor hingga mengakibatkan saluran gas menjadi tidak lancar.

Untuk menangani permasalahan ini, kamu harus buka sisi tombol kompor memakai kunci atau tang. Kemudian membersihkan sisi tombol dan spuyer sampai bersih.


4. Bersihkan Pemantik Kompor

Salah satunya aspek terpenting pemicu kompor gas tidak berpijar dapat muncul karena pemantik kompor yang bermasalah. Permasalahan pada pemantik dapat muncul karena ada kotoran yang menutup ujung pemantik, hingga pemantik itu tidak dapat berperan seperti mestinya dan api juga tidak menyala.

Langkah menangani kompor gas Rinnai yang tidak berpijar karena permasalahan ini dapat dengan menempatkan kabel pemantik di posisi yang pas, lalu membersihkan kotoran pada ujung pemantik. Tetapi bila pemantik itu pada keadaan aus, karena itu harus ditukar pemantik yang baru supaya kompor dapat menyala.


Mengetok Ventilator Beberapa Kali

Coba Anda ketuk-ketuk sisi ventilator sekitar 3-5 kali ketukan pada keadaan regulator masih tetap dipasang pada tabung gas. Kemudian, cara memperbaiki kompor gas yang tidak mau menyala coba Anda hidup lagi kompor gas. Umumnya langkah ini segera sukses menangani permasalahan itu. Api kompor gas saat itu juga akan secara langsung berpijar karena saluran gasnya telah lancar kembali.


Menggoyang Naik Turun Regulator

Jika langkah pertama di atas gagal dan kompor gas tidak juga berpijar , coba Anda bebaskan regulator dari tabung gas. Peganglah regulator itu dengan kuat, lalu kocok atau goyangkan turun naik regulator ini seringkali bermaksud untuk buka saluran gasnya. Selanjutnya gunakanlah regolator kembali lagi ke tabung gas dan coba hidupkan kompor gas.


Memeriksa Elemen Pemantik Api

Jika langkah pertama dan langkah ke-2 di atas tidak dapat menangani permasalahan pada kompor gas Anda yang tidak dapat berpijar, karena itu Anda dapat coba mengecek sisi pemantik apinya masihkah bisa berperan secara tidak atau normal. Lalu membersihkan juga sisi tungku api. Tidak ada kelirunya Anda coba menukar regulator.

Kebenaran pemicu kompor gas tidak ingin berpijar yang MangCara temui karena posisi pemantik yang terlampau renggang. Salah satunya pemicunya tergeser saat dibawa pada kendaraan dalam perjalanan, jalan keluarnya cukup dengan menekan perlahan-lahan pemantik kompor saja.

cara memperbaiki kompor gas yang tidak mau menyala Kemungkinan hanya itu pengalaman membenahi kompor gas tidak berpijar dari MangCara, bila langkah di atas gagal kemungkinan kompor gas alami kerusakan yang beda dan seharusnya bawa ke arah tempat servis kompor gas paling dekat atau beli yang baru.

Post a Comment

Post a Comment