wpj50GopGGLrLUfyg60pSSNKsHLIbilnz5NT2I26
Bookmark

Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin - Cara Memperbaiki Kulkas Nyetrum

cara memperbaiki kulkas tidak dingin - Saat kulkas tidak dingin, kita mulai bertanya, sebetulnya apakah yang terjadi. Apa lagi, kulkas adalah alat electronic pendingin yang dipakai untuk simpan bahan makanan.


Tidak butuh cemas dan cepat-cepat menukar kulkas sama yang baru. Saat ada permasalahan pada piranti electronic yang tidak berperan secara baik, malah kita harus cari tahu penyebabnya. Kulkas ialah perlengkapan electronic yang cukup banyak rumah tangga memilikinya.

Ini digunakan sebagai area untuk menyimpan dan pendinginan beragam jenis minuman dan makanan. Sebagian besar tipe bahan minuman dan makanan, seperti sayur, ikan, daging, atau sekedar hanya air putih saja bisa diletakkan. Tetapi bersamaan penggunaan, kulkas seringkali bisa alami masalah.

Dimulai dari berbau yang ketinggalan berbahan makanan yang diletakkan, sampai temperatur kulkas tidak dingin. Berkaitan temperatur kulkas tidak dingin kembali, ini bukan permasalahan remeh karena mereka dapat mempengaruhi kesegaran bahan kesehatan manusia dan makanan.

Oleh karenanya, beberapa orang lalu cari langkah mendinginkan lagi kulkas mereka, satu diantaranya panggil jasa servis. Tetapi sebetulnya Anda juga dapat membenahi sendiri dengan mudah.

Bagaimanakah cara membenahi kulkas tidak dingin ?.Pertanyaan itu seringkali saya temui di komunitas servis AC dan kulkas. Pasti untuk menjawab harus dengan pengetahuan dan beberapa langkah yang gampang di ketahui.


Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin - Cara Memperbaiki Kulkas Nyetrum

Agar orang yang menanyakan juga tidak kebingungan atau justru pusing karena jawaban yang tidak jelas. Maka dari itu, betapa baiknya jika saya buat tutorial di website ini, supaya orang yang lain memiliki pertanyaan yang juga sama terjawab semua dalam tulisan ini.

Dalam menangani almari es yang tidak dingin, pasti semakin lebih gampang bila kita sudah tahu penyebabnya. Karenanya demikian kita akan mengetahui apakah yang penting di check lebih dulu, hingga kita tidak salah cara dalam bertindak.

oleh karenanya silakan Anda baca lebih dahulu posting saya yang dengan judul Pemicu Kulkas Tidak Dingin. Selainnya mempermudah Anda, tentu saja akan menambahkan wacana Anda berkenaan selok belok mengapa almari es tidak dingin.


Lalu, Apa Pemicu Kulkas Tidak Dingin?

Kulkas tidak dingin bukan selalu bermakna ada permasalahan pada elemen electronic itu. Dapat maka kita malah mengatur yang keliru pada kulkas. Berikut sejumlah pemicu kulkas tidak dingin.

  1. Pastikan apa piranti electronic telah tercolok dengan setop kontak. Disamping itu, pastikan saluran listrik di rumah masih tetap konstan supaya compressor kulkas dapat bekerja dengan maksimal.
  2. Check lebih dulu apa thermosat kulkas telah ada pada suhu yang keadaan berpijar atau pas. Bila belum, mengatur kembali temperatur thermosat yang ada pada dalam kulkas.
  3. Check karet gasket pintu kulkas. Umumnya, jika karet yang dipasang pada bagian pintu mulai kendur, karena itu pintu kulkas tidak dapat tertutup rapat. Kamu bisa juga menyaksikan lampu tanda pada kulkas saat ditutup. cara memperbaiki kulkas tidak dingin Jika tanggapan yang diberi tidak betul, karena itu dapat menjadi kulkas mulai rusak.
  4. Check perputaran dalam kulkas. Jauhi isi kulkas secara kebanyakan makanan karena udara dingin dapat merintangi perputaran dalam kulkas. Pastikanlah kamu atur kotak teratur membersihkan dan makanan.
  5. Membersihkan bunga es yang kerap ada di bagian freezer. Berikut yang bisa membuat kulkas menjadi tidak dingin.
  6. Evaprorator yang rusak bisa juga membuat temperatur kulkas menjadi tidak dingin. Masalahnya, benda satu ini berperan untuk salurkan freon yang mendinginkan kulkas. Langkah menanganinya ialah menukar elemen rusak sama yang baru.
  7. Jauhi simpan makanan panas terlampau sering. Temperatur panas dari makanan dapat mengakibatkan temperatur dalam kulkas menjadi turun. Berikut yang membuat kulkas menjadi tidak dingin. Maka turunkan rutinitas itu, ya.

Bila kamu telah memeriksa pemicu kulkas tidak dingin pada daftar ini dan temperatur almari es atau freezer tetap tidak dingin, pertanda kamu harus panggil beberapa pakar untuk membenahi kulkas itu.


Membenahi kulkas yang mendadak mati dan tidak dingin

Dengan demikian, pembaca dapat pilih tutorial yang mana sekiranya sesuai permasalahan yang dihadapi. Perlu saya peringatkan, tutorial ini dapat Anda aplikasikan untuk almari es baik yang mode dua pintu atau satu.


1. Check kabel Power Suplai dan Relay

Hal pertama kali yang perlu dicheck ialah kabel Power Supply. Pastikan kabel itu tidak ada yang putus, dan begitupun di bagian Relay. Kita dapat memakai Multitester untuk pastikan kabel atau relay itu masih tetap ada jalinan di antara ujung satu cara memperbaiki kulkas tidak dingin sama ujung yang satunya.

Jika rupanya kabelnya putus, silakan ikat memakai solasi. Sama seperti bila ini terjadi pada Relay, silakan mengganti Relay itu sama yang baru. Jika sudah, silakan colokan kabel power kulkas ke listrik. Bila mesin compressor tidak ingin hidup, kita teruskan ke cara berikutnya.


2. Check Elemen Overload

Overload ini mempunyai peranan untuk menghambat berlangsungnya overheat atau panas berlebihan pada mesin compressor. Maka bimetal pada overload ini putus, keropos atau mungkin tidak sedikit yang kebakar, automatis mesin juga tidak dapat hidup. Langkah termudah mengedentifikasi overload tersebut bagus atau mungkin tidak yakni dengan menyaksikan keadaannya.

Bila keropos atau ada sisa terbakar, kemungkinan besar overload itu telah rusak. Agar lebih tentu, silakan di mengganti dengan yang baru.


3. Check Thermostat atau Timer Automatis

Sesudah dicheck rupanya baik kabel, relay, dan overload bagus semua tetapi mesin masih tetap mati, saat ini coba cek di bagian thermostat. Alat ini tempatnya di bagian dalam kulkas.

Untuk mengeceknya pakai mulititester dengan posisi kisaran pada oHm ( Ω ). Selanjutnya sambungkan kabel pada multitester dengan ke-2 soket thermostat, sekalian tombol nya di putar sama arah jarum jam.

Bila ada jalinan maknanya bagus, bila tidak ada maknanya sebaliknya. Apabila sudah kedapatan tentu thermostatnya yang memiliki masalah silakan mengganti yang baru.


Apa Saja Permasalahan yang Dapat Muncul Saat Kulkas Tidak Dingin?

Bila kulkas keluarkan temperatur panas, karena itu dapat menjadi ada salah satunya sisi yang tidak berperan secara baik. Nach, berikut beberapa elemen kulkas yang kerap memunculkan masalah.


Compressor Kulkas

Compressor kuklas ialah elemen yang pastikan proses pendinginan dalam kulkas jalan secara baik. Jika kipas freezer berpijar, tapi almari es tidak dingin, cara memperbaiki kulkas tidak dingin karena itu dapat menjadi compressor kulkas alami kerusakan.

Umumnya, kita harus menukar relay stater compressor sama yang baru untuk membikin kulkas kembali dingin.


Koil Kondensor

Kumparan kondensor ialah tabung kulka yang berwujud garis-garis besi. Umumnya, tabung ini bersatu dengan skema grid berwujud U panjang.Biasanya, koil kondensor ada di belakang kulkas.

Jika koil kondensor mampet, karena itu perputaran udara kulkas jadi tidak bagus karena mereka tidak hilangkan panas secara efektif. Dapat menjadi ini dikarenakan oleh ada debu dan kotoran yang menyanggak.

Untuk tersebut, sekali atau 2x dalam satu tahun, kita perlu bersihkan koil kondesor. Triknya dengan menggunakan penghisap debu untuk mengusung kotoran di koil kondesor.


Kipas Kondensor

Sisi kulkas selanjutnya ialah kipas kondesor yang berperan untuk mendinginkan koil compressor dan kondensor saat bekerja. Bila tidak berperan secara baik, karena itu mengakibatkan elemen kulkas menjadi panas. Biasanya, elemen ini berada di cabinet bawah.

Untuk menangani sisi kipas yang rusak, pertama pastikan kipas kondensor berputar-putar bebas dan tidak terhambat oleh kotoran apa pun. Apabila sudah melalui pengujian ini, tetapi piranti tidak bekerja optimal, karena itu kamu perlu menukar motor kipas kondensor.


Apa Saja Mode Kulkas?

Sesudah ketahui pemicu dan sisi elemen yang membuat kulkas tidak dingin, ini kali, kita punyai panduan pilih mode kulkas yang pas buat di rumah. Apa itu?


1. Kulkas dengan Sisi Frezzer Atas

Design almari es satu ini mempunyai sisi freezer di atas. Umumnya, sisi ini dipakai untuk simpan makanan fresh dengan kemampuan sedang. Harga kulkas dengan mode satu ini tambah murah dibanding mode kulkas lainnya.


2. Kulkas dengan Freezer bawah

Umumnya, almari es ini memiliki ukuran sedikit besar dan mempunyai penyimpanan yang kebalik, yakni freezer berada di bagian bawah. cara memperbaiki kulkas tidak dingin Kedatangan piranti ini berikan akses yang semakin lebih gampang untuk ambil beberapa barang yang dibutuhkan.

Mode almari es ini pas buat kamu yang memerlukan ruangan buat simpan makanan beku dengan jumlah besar. Berikut beberapa referensi produk yang dapat kamu beli.


3. Kulkas dengan 2 Pintu

Mode kulkas ini mempunyai ukuran lebih besar dibanding dua type sebelumnya. Tetapi, berlainan dengan 2 type awalnya yang mempunyai sisi bawah dan atas, mode kulkas satu ini terdiri jadi segi kiri dan kanan.

Meskipun sama mempunyai dua pintu, rupanya kulkas ini tidak memiliki sisi freezer, lho. Maka semua ruangan penyimpanannya diutamakan untuk chiller.

Maka dari itu, kulkas 2 pintu lebih pas dipakai oleh kamu yang menyukai simpan makanan fresh dalam kurun waktu singkat. Berikut referensi kulkas 2 pintu untuk kamu.


4. Kulkas Side by side

Kulkas ini nyaris serupa dengan mode almari es 2 pintu. Perbedaannya, kulkas ini diperlengkapi 4 pintu. Kulkas side by side sebagai versus terkomplet karena mempunyai 2 sisi chiller di atas dan 2 freezer di bawah.

Bagusnya kembali, beberapa mode terkini kulkas ini ada yang diperlengkapi dispenser, lho. Karena featurenya yang komplet, harga kulkas ini condong tambah mahal dibanding mode lainnya.

Itulah pemicu kenapa kulkas tidak dingin dan langkah menanganinya, dan mode kulkas yang dapat kamu pilih. Pasti mengakibatkan almari es jadi kurang dingin atau tidak dingin karena compressor tidak ingin start. Oleh karenanya pastikan lebih dulu jika Setting-an Thermostat itu telah betul.

Kulkas yang tidak dingin sesudah dibikin bersih bisa juga karena dari kekeliruan pemakai itu sendiri. Satu diantaranya yakni bersihkan bunga es dengan memakai benda tajam.

Mengakibatkan, Evaporator ketusuk hingga terjadi kebocoran freon. Untuk melakukan perbaikan pasti kita harus menambal kebocoran itu menggunakan lem khusus, selanjutnya di isi freon dari NOL lagi.

Tersebut cara-cara membenahi kulkas tidak dingin berdasar tanda-tanda yang umum terjadi. Walau bagaimanapun, tidak tutup kemungkinan jika tanda-tanda gejala selainnya yang saya berikan di atas terjadi di lapangan.

Hingga, cara memperbaiki kulkas tidak dingin bila hal itu ialah permasalahan yang sedang Anda temui, silakan tanya lewat kolom komentar. Tentu saja saya akan suka bila dapat menolong Anda, terima mudah-mudahan berguna dan kasih.

Post a Comment

Post a Comment