wpj50GopGGLrLUfyg60pSSNKsHLIbilnz5NT2I26
Bookmark

Cara Memperbaiki Aki Kering Tanpa Bongkar - Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total

cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar - Energi listrik untuk kendaraan motor mengambil sumber pada battery atau yang semakin lebih dikenali aki. Sumber listrik yang ada di accu berperan untuk menyuplai keperluan listrik untuk mekanisme starter, lampu, dan elemen kelistrikan lainnya.

Pada kendaraan motor, ada dua elemen yang terkait secara langsung dengan accu yakni dinamo regulator dan cas. Dinamo cas berperan sebagai penyuplai sumber listrik untuk jalankan aksesori kelistrikan seperti lampu, beberapaya, dan starter. Dan regulator berperan mengontrol besaran arus listrik yang masuk ke dalam accu dan batasi saluran listrik yang masuk dari dinamo cas ke aki.

Langkah membenahi accu kering yang mulai rusak sayang sedikit dijumpai oleh beberapa orang. Beberapa orang berasumsi accu kering yang mulai rusak tidak dapat diperbarui.

Walau sebenarnya ada langkah membenahi accu kering yang hebat dan gampang. Tetapi harus dikenang, dengan membenahi accu kering tidak berarti membuat accu itu jadi seperti baru.

Langkah ini dapat dilaksanakan cuma dalam keadaan tertentu saja, alias sementara. Bila memang bisa tahan lama, umumnya bergantung dari elemen dalam accu itu sendiri.

Nach, kami mau mencoba berikan pengetahuan berkenaan langkah membenahi accu kering yang murah dan gampang. Jika buat dipraktikkan kedesak sich rasanya oke-oke saja nih.

Sesudah terbuka, membersihkan semua sisi permukaan lubang. tahap selanjutnya yang dapat dilaksanakan dengan mempersiapkan air panas.


Cara Memperbaiki Aki Kering Tanpa Bongkar - Cara Memperbaiki Aki Kering Mati Total

Accu kering yang sisi atasnya telah terbuka nanti dapat disiram air panas yang mendidih. Maksudnya supaya kerak-kerak di bagian dalam accu dapat melelehlantakkan kotoran dan lenyap.

Pada waktu bersihkan sama air panas, upayakan mengulang-ulang seringkali agar bersih. Maksudnya supaya sisi dari dalam accu kering itu betul-betul bersih.

Berikut ialah langkah membenahi accu kering yang tekor yang bisa kamu kerjakan sendiri di dalam rumah saat sebelum bawa mobil ke bengkel.


1. Persiapkan bahan dan alat

Pertama kali, kamu perlu menyiapkan bahan dan alat. Untuk membenahi accu kering yang memiliki masalah, diperlukan bahan dan alat seperti berikut:

  • Obeng minus untuk buka penutup accu
  • Cairan isi ulangi accu atau zuur untuk pengisian accu baru, tidak untuk isi ulangi
  • Kain kering untuk mengelap cairan yang menetes atau jatuh
  • Suntikan ukuran besar, untuk masukkan air accu ke box tempat accu kering
  • Solatip, untuk menyambung lagi sisi penutup accu

Bahan dan alat itu diperlukan sebagai salah satunya langkah membenahi accu kering yang kurang kuat atau tekor. Tetapi, cara itu pasti berlainan jika accu yang kamu pakai ialah accu basah.

Langkah membenahi accu basah sedikit berbeda. Seharusnya tidak boleh imbangi triknya dengan sistem pembaruan untuk accu yang kering.


2. Terlepas accu yang hendak diperbarui

Sesudah bahan dan alat dipersiapkan, cara setelah itu melepas elemen accu dari mobil. Ketika akan melepaskan elemen accu, pastikan untuk meng ikuti posisi yang betul.

Pertama kali, terlepas kutub positif (+) untuk menghindar dari timbulnya recikan api karena sentuhan logam, baru selanjutnya terlepas kutub negatifnya (-).


3. Bersihkan sisi luar accu

Sesudah sukses dilepaskan, membersihkan sisi luar aki. Seka sisi yang kotor dengan kain lap sampai bersih supaya proses membenahi accu kering lebih gampang dilaksanakan. cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar


4. Membuka penutup accu

Sesudah dibikin bersih, membuka penutup aki. Pakai obeng minus (-) dan tujukan pada tulisan ‘Do Not Open'. Kerjakan di bagian samping dan belakang penutup accu dengan hati-hati.

Gunakan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya ongkos pembaruan di bengkel. Asuransi mobil syariah memprioritaskan pengendalian keuangan sama sesuai ketetapan syariat dan ikut dipantau oleh MUI.


5. Isi ulangi air accu

tahap selanjutnya dalam langkah membenahi accu kering yang ngedrop ialah isi ulangi air aki. Sesudah penutup accu dibuka, kamu akan temukan enam lubang yang penting diisi.

Isi tiap lubang sama air accu atau zuur memakai alat suntik sampai tinggi air capai 1 cm di bawah lubang aki.

Bila semua lubang karet telah berisi, tutup kembali secara rapat. Pakai selotip supaya tidak terdapat celah udara masuk.

Saat lakukan cara pengisian ini, kerjakan secara benar-benar berhati-hati dan janganlah sampai cairan accu terserang kulit karena bisa mengakibatkan iritasi.


6. Isi ulangi daya listrik accu

Cara setelah itu lakukan strum accu atau isi ulangi tegangan daya pada accu kering. Ada dua sistem yang dipakai pada langkah ini, yakni dengan sistem tehnik jumper atau pengecasan.


Tehnik pengecasan biasa dilaksanakan oleh tukang service aki. Umumnya professional akan memakai sebuah alat untuk isi arus listrik pada accu yang disebutkan Adaptor atau Trafo.

Sistem ini serupa dengan sistem pengecasan handphone tetapi memakai kemampuan ampere yang lebih besar. Prosesnya juga berjalan lebih cepat.

Sementara, tehnik jumper memerlukan kontribusi dari accu yang lain masih juga dalam kondisi baik. Triknya perlu menyambungkan di antara accu kering yang ingin diperbarui accu sehat untuk isi ulangi daya listrik.

Sambungkan ke-2 accu memakai kabel penyambung dari tiap-tiap kutub plus (+) dan minus (-). Selanjutnya nyalakan mesin kendaraan yang memakai accu sehat barusan, lalu biarkan sepanjang lebih kurang 50-60 menit sampai perkiraan accu telah berisi ulang.


Beberapa ciri accu kering rusak

Langkah membenahi accu kering yang telah diterangkan di atas bisa diaplikasikan saat accu kering mulai memperlihatkan pertanda rusak. cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar

Oleh karenanya kamu harus tahu bagaimana beberapa ciri accu kering rusak supaya mengetahui kapan harus menukarnya atau membenahi. Karena, accu ialah elemen penting pada kendaraan.

Jika accu kering rusak, karena itu mesin mobil akan alami kerusakan yang dapat menjadi lebih kronis dari sekadar kerusakan aki. Berikut ialah beberapa ciri accu kering rusak yang penting kamu lihat:


1. Mesin mobil susah dihidupkan

Saat accu kering mulai rusak, mesin mobil akan susah dihidupkan karena mekanisme starter tidak berperan seperti mestinya.

Karena, langkah kerja mekanisme starter memakai dinamo yang perlu digerakan listrik agar hasilkan recikan yang nanti akan menghidupkan mesin.

Saat accu kering mulai rusak, mesin mobil akan memerlukan beberapa saat untuk menyala. Kadang bahkan juga muncul suara seperti tek-tek-tek seringkali seolah-olah mesin benar-benar berat untuk dihidupkan.

Pemicunya karena accu mulai kurang kuat tetapi tetap mempunyai cukup tegangan untuk menghidupkan mesin, tetapi tidak banyak.

Ciri-ciri ini bukan hanya dirasa untuk pemilik mobil yang memakai kunci saja, mobil keyless juga dapat mengetahui pertanda ini saat memencet tombol start dan mesin tidak langsung menyala.


2. Voltase accu menyusut

Voltase atau tegangan accu pada kondisi normal ialah sejumlah 12.3 sampai 12.6 Volt. Saat mesin berpijar, voltase accu akan naik sampai optimal 14.2 Volt.

Tetapi saat kamu menyaksikan voltase accu menyusut jadi di bawah standard itu, karena itu dapat ditegaskan accu mulai rusak. Kamu dapat ketahui besar tegangan accu itu memakai alat yang diberi nama load tester.


3. Klakson tidak keras dan lampu redup

Seperti disebut jika accu ialah elemen yang memengaruhi kelistrikan dalam mobil. Saat accu mulai rusak, pertanda setelah itu bunyi klakson yang tidak senyaring umumnya dan intensif lampu jadi redup.

Bila kamu teratur memakai mobil pasti ini semakin lebih gampang kamu rasakan. cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar Untuk pastikan ini beberapa ciri accu kering rusak, selekasnya check keadaan lampu dan klakson.

Jika ke-2 nya masih oke, bohlam lampu juga masih bagus tetapi sinarnya redup, karenanya maknanya accu mobil kamu mulai rusak.


4. Tercium berbau accu saat mesin dihidupkan

Beberapa ciri accu kering rusak setelah itu tercium berbau menusuk saat mesin dihidupkan. Berbau ini muncul karena beberapa sel pada elemen accu mulai rusak.

Maka dari itu, di saat mesin dihidupkan air accu akan mendidih hasilkan berbau tidak sedap. Pada pemakai accu basah ini semakin lebih umum terjadi dan jadi beberapa ciri accu mobil harus ditukar.


5. Saat gunakan telah lama

Accu kering mempunyai saat gunakan dan ada batasan penggunaannya, lebih kurang sekitaran dua tahun. Jika accu telah digunakan lama dan jadi rusak, selekasnya cari info langkah membenahi accu kering yang telah rusak.

Selalu lihat tanggal pembelian dan saat expired waktu beli accu hingga kamu bisa secara mudah ketahui batasan penggunaan aki. Agar, saat telah dekati saat expired kamu dapat selekasnya menukar atau membenahi accu kering.


Panduan menjaga accu agar tahan lama

Accu sebagai sisi penting pada mekanisme kerja mobil. Supaya pemakaian accu tahan lama dan dapat mengoptimalkan saat memakainya, kamu harus juga kuasai langkah menjaga aki.

Sama seperti yang kamu ketahui accu kering memanglah lebih kurang perawatan dibanding accu basah, walau demikian masih tetap ada cara-cara menjaga accu kering supaya tidak cepat rusak.


1. Panasi mobil dengan periodik

Saat mobil jarang-jarang dipanaskan, sisi sela mesin ini akan jadi kering dan accu juga semakin lebih gampang rusak. Bila mobil jarang-jarang dipakai, panasi mobil minimal 10 menit tiap hari supaya performa mesin masih tetap maksimal.

Memanasi mobil dengan periodik sampai capai temperatur kerja mesin untuk jaga mekanisme kelistrikan mobil dan membuat accu lebih stabil.


2. Teratur bersihkan permukaan accu

Menjaga kebersihan permukaan accu menjadi satu diantara langkah menjaga accu agar awet. Jika accu tahan lama, kamu tidak butuh repot cari tahu langkah membenahi accu kering yang ngedrop.

Bila permukaan accu tidak seringkali dibikin bersih, kotoran dan debu akan menimbun dan dapat menutup katup. Bila ini terjadi karena itu proses evaporasi accu akan terusik hingga accu lebih gampang rusak.


3. Jauhi penempatan aksesori terlalu berlebih

Penempatan aksesori mobil akan menambah beban daya kelistrikan yang didukung oleh aki. Oleh karena accu mempunyai batasan daya listrik optimal, menjadi seharusnya penempatan aksesori tidak dilaksanakan dengan berlebihan.

Jika performa accu terbeban oleh keperluan tenaga beragam elemen mobil karena itu saat gunakan accu dapat semakin singkat dan perlu seringkali diisi ulang.

Sebagai alternative, bila memang ingin menambahkan banyak aksesori pada mobil, up-grade accu kering ke kemampuan yang semakin lebih tinggi.


4. Mengencangkan pengikat accu

Pada accu ada braket pengikat yang berperan sebagai penahan untuk jaga posisi accu masih tetap konstan walaupun mobil melalui jalanan bergelombang.

Selalu pastikan semua baut braket pengikat accu pada keadaan kuat hingga accu tidak gampang terlepas atau terbuncang waktu berkendara.


5. Menjaga kebersihan terminal accu

Selainnya bodi mobil yang perlu bersih, kamu perlu pastikan kebersihan mesin mobil dan beragam komponennya, satu diantaranya terminal aki.

Masalahnya terminal accu rawan terlapisi kerak hasil dari proses evaporasi elektrolit panas dan battery. Bila terminal accu tidak dijaga kebersihannya, cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar karena itu bisa mengakibatkan tegangan accu tidak sanggup capai titik maksimal.

Kamu dapat bersihkan terminal accu memakai kain yang dipendam di air panas lalu dioleskan pada terminal sampai kerak yang melekat lenyap. Janganlah lupa beri pelumas berbentuk grease atau gendut di tempat terminal accu untuk menjaganya.


6. Pastikan alternator dan regulator

Alternator pada accu berperan untuk mengganti beberapa perputaran mesin ke energi listrik. Sementara regulator pada accu berperan untuk atur kestabilan arus pengisian.

Saat terjadi suatu hal pada pengisian, karena itu dua bagian utama pada accu ini akan alami permasalahan dan menggerus accu untuk bekerja lebih keras hingga gampang rusak.


Langkah pilih accu yang baik

Agar keadaan accu kering lebih tahan lama dan tidak butuh sering ditukar, seharusnya ariflah saat menentukan aki. Ketika akan menukar accu, berikut panduan yang penting jadi perhatian saat menentukan accu yang bagus.


1. Samakan dengan fitur mobil

Ada beberapa tipe accu dan tidak semua dapat dipakai dalam tiap tipe mobil yang sama. Tiap mobil mempunyai fitur yang berbeda, hingga penggunaan akinya juga harus disamakan.

Coba lihat info tentang fitur dan kecocokan accu di buku manual mobil yang umumnya akan didapat saat kamu beli mobil.


2. Membeli dari tempat paling dipercaya

Jika kamu lakukan service accu kering mobil, umumnya kamu akan dijajakan accu oleh mekanik yang lakukan service. Tetapi, saat sebelum menyepakati penawaran itu, pastikan accu dibeli dari lokasi yang terpercaya.

Bila toko itu paling dipercaya, karena itu kemungkinan kualitas akinya baik dan cocok untuk mobilmu.

Jika salah beli accu di toko gadungan, resikonya ialah accu menjadi tidak tahan lama, bahkan juga dapat menghancurkan elemen mesin mobil secara kesemuaan.


3. Lihat merk accu

Selainnya tempat beli accu, merk dari accu yang hendak dibeli perlu diperhatikan. cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar Kerjakan penelitian lebih dulu dan cari info merk accu apa yang direferensikan dan baik untuk dipakai.

Umumnya, kamu dapat temukan pembahasan atau ulasan dari pemakai yang lain pernah memakai accu dari merk tertentu.

Pikirkan pembahasan-ulasan itu untuk pastikan jika merk accu yang hendak dibeli sudah paling dipercaya dan sama sesuai. Ketidaksamaan accu kering dan accu basah

Baik accu kering atau accu basah sama berperan untuk memendam cell battery pada aki. Lalu, yang mana lebih bagus, tentukan accu kering atau basah untuk mobil?

Saat sebelum putuskan, ketahui dahulu ketidaksamaan antara ke-2 nya. Ketidaksamaan fundamental pada accu kering dan accu basah ada di beberapa hal berikut:

Cairan yang dipakai

Accu kering memakai cairan yang semakin lebih berwujud gel dan padat. Sementara accu basah memakai air accu yang semakin lebih encer, seperti accu pada umumnya.


Perawatan

Disaksikan dari keperluan perawatannya, accu kering lebih kurang perawatan bila dibanding accu basah. Accu kering tidak memerlukan penggantian air accu dengan berkala.

Dan pada accu basah, kamu harus teratur memeriksa keadaan air accu tiap menukarnya dan bulan. Ini adalah argumen accu kering lebih sering dipakai dibanding accu basah.

Harga

Dari sisi harga, accu kering condong tambah mahal dibanding accu basah bahkan juga untuk type mobil yang sama. Misalkan, untuk mobil Innova, accu basah dibandrol harga Rp800.000 sementara harga accu kering mobil ialah Rp1.597.200.

Accu kering memang tambah mahal, tetapi pada pemakaiannya accu kering lebih gampang dipakai, kurang perawatan, dan saat memakainya cukup lama.

Oleh karenanya, saat datang saatnya untuk diperbarui, seharusnya selekasnya kerjakan pembaruan supaya accu kering tidak telanjur rusak atau rusak.

Karena elemen accu mobil dan motor tidak mempunyai ketidaksamaan. Cuma ukuran dan amperenya yang berbeda.

Bila tidak ingin repot, kamu bisa juga bawa accu kering ke bengkel service accu untuk diservis. Langkah yang akan dilaksanakan oleh bengkel service juga sama seperti pada atas.

Namun kamu terima kelar, tidak perlu ribet-ribet buka aki. Tetapi, terang kamu akan keluarkan uang untuk bayar jasanya.

cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar - Nach hanya tinggal pilih, ingin membenahi sendiri atau gunakan jasa bengkel service specialist accu? Ke-2 nya sama dapat dilaksanakan bergantung keperluan kok.

Post a Comment

Post a Comment